Senin, 29 April 2013

WiFi dan 3G


Wi-Fi             

Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks- WLAN).

Wi-Fi pada awalnya adalah sebuah teknologi interkoneksi wireless yang diperuntukkan untuk menghilangkan kabel pada jaringan dalam ruangan. Namun, dengan semakin majunya teknologi dan efisiensi produksi, transmitter sinyal dan mekanisme pendukung Wi-Fi dapat dimasukkan ke dalam device dengan ukuran yang kecil.

Rentan terhadap sabotase Wi-Fi hanya memiliki satu kelemahan yang sangat mengganggu. Sifat  penggunaan frekuensi yang stabil ini tampaknya membuat penggunaan daya yang sangat tinggi. Dibandingkan dengan Bluetooth, Wi-Fi dapat menggunakan daya hingga sepuluh kali lipat lebih banyak. Keamanan juga menjadi masalah yang sangat penting pada Wi-Fi. Karena sifatnya yang menggunakan frekuensi stabil, Wi-Fi rentan terhadap masalah hijack atau pembajakan bandwidth.

Wi-Fi  ditujukan untuk penggunaan pada perangkat nirkabel dan jaringan Area Lokal (LAN), juga digunakan untuk mengakses internet. Komputer dan kartu nirkabel (wireless card), laptop, cellphone  maupun Personal Digital Assistant (PDA) yang memiliki fasilitas Wi-Fi, dapat terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (hotspot) . Seperti koneksi handphone tanpa kabel dengan mempergunakan teknologi radio.

Kelebihan Wi-fi
Tingginya minat masyarakat -khususnya di kalangan komunitas Internet- menggunakan teknologi Wi-Fi dikarenakan paling tidak dua faktor.
1) kemudahan akses. Artinya, para pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel.
2) pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet, cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot. Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kecepatannya yang beberapa kali lebih cepat dari modem kabel yang tercepat. Jadi pemakai Wi-Fi tidak lagi harus berada di dalam ruang kantor untuk bekerja Wi-fi Hardware.
Kelemahan pada wifi Mudahnya dihacking oleh para hacer untuk mencuri password pengguna wi-fi. Cara adalah sebagai berikut:
Pertama kita harus mengetahui perbedaan antara jaringan Hub dan Switch:
* Pada jaringan hub semua data yang mengalir di jaringan dapat dilihat/diambil oleh komputer manapun yang ada di jaringan asalkan komputer tersebut merequest data tersebut, kalo tidak direquest ya tidak akan datang.
* Pada jaringan switch hanya komputer yang melakukan pertukaran data yang dapat melihat data tersebut, komputer2 lain tidak berhak merequest data tersebut. Masalahnya adalah harga dari router hub dan switch tidak berbeda jauh sehingga kebanyakan tempat sekarang sudah menggunakan metode switch yang menyulitkan untuk network hacking.

3G

3G (third-generation technology) merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000 untuk diaplikasikan pada jaringan telepon selular. Sistem ini akan memberikan pelayanan yang lebih baik dari apa yang ada sekarang, yaitu pelayanan suara, text dan data. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel versi ke-tiga. Melalui 3G, pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepat ke internet dengan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik ketika alat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalan kaki. Akses yang cepat ini merupakan andalan dari 3G yang tentunya mampu memberikan fasilitas yang beragam pada pengguna seperti menonton video secara langsung dari internet atau berbicara dengan orang lain menggunakan video. 3G mengalahkan semua pendahulunya, baik GSM maupun GPRS. Beberapa perusahaan seluler dunia akan menjadikan 3G sebagai standar baru jaringan nirkabel yang beredar di pasaran ataupun negara berkembang.

Keuntungan utama adalah sistem ini akan menawarkan pelayanan dengan kapabilitas high-end, yang mana termasuk peningkatan kapasitas, kualitas dan data rate dari apa yang ada sekarang. Juga akan dapat melakukan pemakaian serentak dari beberapa jasa pelayanan. Sistem 3rd Generation juga akan menjembatani celah yang ada antara dunia wareless dan dunia komputer.

Dikota-kota besar sudah jamak terlihat orang menggunakan Laptop, terutama ditempat-tempat yang memiliki fasilitas Hotspot atau yang ter-cover koneksi 3G. Berbekal perangkat ini kita dapat melakukan koneksi internet nirkabel, yang secara simpel dapat dilakukan melalui perangkat WiFi dan 3G Modem. WiFi (Wireless Fidelity) adalah fasilitas pemancar internet berbasis komputer, sedangkan 3G merupakan fasilitas telekomunikasi yang bisa dimanfaatkan untuk internet. Dari sisi jangkauan & keamanan, modem 3G jauh lebih baik daripada WiFi. Tapi dari sisi kestabilan & biaya (biasanya gratis), WiFi tetap lebih oke. Jadi kita dapat memilih koneksi yang paling cocok diantara keduanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar